BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Dalam perjuangan mencerdaskan kehidupan bangsa, kiprah guru sebagai pendidik tidaklah sanggup dikatakan ringan, alasannya ialah tidak hanya memperlihatkan bekal pada anak didik berpaham ilmu pengetahuan semata, tetapi hal yang lebih penting ialah membentuk keperibadian anak didik menjadi insan yang mempunyai kegunaan bagi dirinya, orang tua, masyarakat, agama, bangsa dan Negara.
Pendidikan merupakan proses pengembangan yang utuh menuju kearah kedewasaan dalam proses berfikir dan bertindak. Oleh lantaran itu seorang calon pendidik sebelum diterjunkan kedunia pendidikan hendaknya dibekali dengan banyak sekali ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan profesi, dan kemampuan diri biar dalam melakukan tugasnya sanggup berhasil menyerupai yang diharapkan.
Setrik teoritis mahasiswa calon guru dibangku kuliah telah mempelajari banyak sekali ilmu pengetahuan yang bekerjasama dengan pendidikan, namun apa yang diperoleh nampaknya belum cukup sebagai bekal bagi seorang pendidik yang profesional.
Untuk melengkapi kekurangan tersebut, maka mahasiswa calon pendidik diwajibkan untuk melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPl) disekolah-sekolah yang telah ditetapkan.
Dengan demikian dibutuhkan para mahasiswa calon guru sehabis tamat praktek mempunyai bekal yang cukup untuk memasuki dunia pendidikan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai melalui kegiatan PPL tersebut.
B. Pengertian PPL
Program Praktek Pengalaman Lapangan PPL) merupakan kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang meliputi baik latihan mengajar setrik pribadi atau terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi penddidikan.
Selengkapnya Download Di Sini
Advertisement